Menghadiri Pernikahan Tradisional Indonesia

OLEH: DWI ANIS NOVITYANA
langkah-langkah-pernikahan-adat-sunda
Pernikahan Tradisional Adat Sunda (Gambar dari sini)

Teman Indonesia anda akan menikah, dan anda diundang ke resepsi yang diadakan di Indonesia. Beberapa orang Indonesia saat ini telah mengadopsi gaya pernikahan barat, tetapi jika anda kebetulan kedapatan untuk menghadiri pesta dalam gaya tradisional, tak usah khawatir. Berikut adalah hal yang perlu anda perhatikan saat akan menghadiri pernikahan tradisional Indonesia.

  • Mengenakan pakaian formal. Wanita dapat memakai hampir semua jenis pakain, tetapi pilihlah pakaian yang tidak terlalu memperlihatkan kulit anda, Meunjukkan belahan dada anda akan dianggap tidak sopan. Untuk laki-laki, saran yang tepat adalah memakai Batik dan celana panjang formal. Jangan menggunakan kaos dan celana jeans, karena jenis pakaian tersebut terlalu kasual.
  • Ketika anda tiba di pintu masuk gedung, tuliskan nama anda ke dalam buku tamu, dan masukkan amplop ke dalam kotak. Para penerima tamu akan memberikan cinderamata pernikahan yang telah disediakan.
  • Pergilah ke antrian. Pasangan pengantin akan berdiri berdampingan pada sebuah panggung yang disebut ‘pelaminan’ besar yang akan dihiasi apa saja tergantung pada adat-istiadat tempat pasangan tersebut berasal. Beberapa orang mungkin sudah mengantri di sana untuk memberikan ‘selamat’ kepada mereka atau untuk mengabadikan momen tersebut.
  • Bersiaplah untuk banyak berdiri. Sistem yang biasa diterapkan adalah standing party. Jika anda kurang merasa nyaman makan sambil berdiri, pergilah mencari kursi. Tapi jangan berharap untuk menemukan kursi dengan meja. Biasanya meja dan kursi hanya disajikan di area prasmanan keluarga.
  • Biasanya pesta diadakan selama sekitar dua jam. Tapi jika anda datang setelah pesta berlangsung selama setidaknya satu jam, anda mungkin akan kehabisan makanan. Jika Anda datang tepat waktu, anda mungkin dapat melihat beberapa prosesi pernikahan yang unik.

Tinggalkan komentar