Berlibur di Kota Yogyakarta

OLEH: VANIA GOLDAYMAYER
yoja
Candi Borobudur menjelang petang (Gambar dari sini)

Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan sebutan kota pelajar. Selain itu, Yogya juga mempunyai tempat wisata yang masuk dalam 7 keajaiban dunia. Kota Yogyakarta berlokasi di wilayah yang sangat strategis. Di utara terdapat pantai Parangtritis dan di selatan ada Gunung Merapi. Setiap harinya, tak sedikit para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke kota ini. Ada banyak berbagai tempat wisata yang dapat anda kunjungi, contohnya seperti yang akan saya ulas dibawah ini:

  1. CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN DAN PANTAI PARANGTRITIS.

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di kota Yogya adalah Candi Borobudur, dimana tempat wisata ini masuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Borobudur adalah candi atau kuil Budha terbesar di dunia. Ada pula tempat wisata yang sangat legendaries yakni, Candi Prambanan. candi yang konon didirikan hanya dalam satu malam ini menjadi destinasi wisata yang terpopuler setelah Borobudur. Selain itu, pantai juga menjadi destinasi yang sangat dicari-cari oleh para wisatawan. Pantai yang sangat terkenal dan menjadi ikon wisata kota ini adalah Pantai Parangtritis. Keindahan alamnya membuat wisatawan berdatangan dari berbagai pelosok kota maupun negeri.

  1. TAMAN PINTAR

Ada pula destinasi tempat wisata yang menjadi pusat dijulukinya kota pelajar yakni, Taman Pintar. Tempat wisata edukasi ini juga sering dikunjungi para wisatawan. Para wisatawan dapat memperoleh pelajaran ilmu pengetahuan seperti layaknya di sekolah melalui pengamatan langsung hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 8.000 – 15.000,- per orang tergantung dari berbagai kalangan (apakah anak-ana/pelajar/mahasiswa/umum).

  1. KALIBIRU

Destinasi wisata alam selanjutnya adalah Kalibiru. Tempat ini memberikan kenyamanan dan suasana yang beda dari tempat wisata lainnya, karena disini suasananya sangat sejuk, nyaman, dan menenangkan. Hutan wisata Kalibiru ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin rehat sejenak dari kebisingan ibukota dan ingin menikmati ketenangan dengan panorama pepohonan hijau yang teduh nan asri.

 

  1. GUNUNG MERAPI

Dan tempat wisata selanjutnya yang telah menjadi ikon pegunungannya yaitu, Gunung Merapi. Objek wisata Gunung Merapi menjadi salah satu tempat wisata alam populer di Yogyakarta. Dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 3.000 – 5.000,- per orang, para wisatawan sudah dapat menikmati indahnya panorama Gunung Merapi.

Tinggalkan komentar